Kamis, 21 Maret 2013

 Pantiaw



Sajian berkuah ini rasanya pedas-pedas gurih sedikit manis. Aroma kaldu ikannya sangat kuat dan gurih. Cocok disantap hangat-hangat saat cuaca mendung. Hmm… racikan dari pulau timah yang sedap nikmat ini dijamin bikin ketagihan!
Rahasia kelezatan pantiau yang di Bangka banyak dijual di warung mi bangka ini adalah kaldunya yang dibuat dari ikan, berikut serpihan halus dagingnya. Kuahnya bening kecokelatan dengan rasa gurih-gurih, sedikit manis dan pedas.
Pantiau ditaruh dalam mangkuk kemudian diberi tauge dan daun bawang yang diiris tipis. Kemudian disiram dengan kuah ikan yang kecokelatan berikut serpihan daging ikan. Sebelum dimakan, sedikit sambal rawit merah bakal membuat sajian ini jadi gurih sedikit pedas. Tak heran jika banyak penggemar pantiau yang terpakasa menambah porsi karena pesona rasa pedas gurihnya yang enak.
Di Jakarta, pantiau bisa didapatkan dari beberapa restoran yang menjual makanan khas Bangka Belitung. Paling enak pantaiu dimakan panas-panas dengan teman kerupuk kemplang yang keras-keras gurih. Amboi… sedap nian!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar